Penelitian Tentang Membaca Nyaring
Sidiki, Ratna (2008), dalam penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Membaca Nyaring Kalimat Sederhana
Melalui Pengembangan Media Pias Huruf di Kelas 1 SD Inpres Huluduotamo”
menyatakan bahwa siswa kelas I SD Bukit Huluduotamo dalam membaca nyaring
kalimat sederhana melalui media penggunaan pias huruf mengalami peningkatan.
Hal ini dapat dilihat dari data hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 75%
dan siklus 2 adalah 79,57%.
Lestariningsih (2009), dalam
penelitian yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring
dengan Teknik Balainang Melalui Media Buku Bergambar pada Siswa Kelas 1 SD Negeri
Karangduren 3 Tengaran Semarang” menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca
nyaring siswa yang diikuti perubahan perilaku siswa ke arah positif setelah
diterapkan pembelajaran keterampilan membaca nyaring dengan teknik balainang
melalui media buku bergambar. Perubahan perilaku siswa mengakibatkan
peningkatan keterampilan membaca nyaring siswa sebesar 14,3%.
Sefrida
(2012), dalam penelitiannya yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan
Intonasi Yang Tepat Melalui Metode Latihan Pada Anak Kesulitan Belajar” menyatakan bahwa adanya peningkatan
kemampuan membaca nyaring teks pengumuman dengan intonasi yang tepat
bagi anak berkesulitan belajar dengan menggunakan metode latihan yang dilakukan
dengan 2 sesi yakni kondisi baseline dan intervensi.
DAFTAR PUSTAKA
Sidiki, Ratna. 2008. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
dalam Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Melalui Pengembangan Media Pias Huruf
di Kelas 1 SD Inpres Huluduotamo”. Jurnal Penelitian
dan Pendidikan. 5: 301-305.
Lestariningsih. 2009.
“Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Teknik Balainang
Melalui Media Buku Bergambar pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Karangduren 3
Tengaran Semarang”. Under Graduates thesis.
Sefrida. 2012. “Meningkatkan
Kemampuan Membaca Nyaring dengan Intonasi yang Tepat Melalui Metode Latihan
pada Anak Kesulitan Belajar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1 (1) :
121.
Sihombing, Senti. 2012. “Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring
dengan Menggunakan Media Kartu Kalimat Siswa Kelas III SDN Tampirkulon I
Magelang”. e Jurnal Universitas Negeri
Yogyakarta, 1 (1).
Syifak, M. 2013. “Penggunaan Cerita Bergambar untuk
Meningkatkan Kemampuan membaca Nyaring Siswa Kelas II SDN Margorejo III/405
Surabaya” . Jurnal Penelitian
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (1) : 1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar