NO
|
RANAH
|
LEVEL
KECAKAPAN
|
INDIKATOR
KECAKAPAN
|
1
|
Kognitif
|
Knowledge
(Mengetahui dan mengingat)
|
Menyebutkan, menuliskan, menyatakan,
mengurutkan, mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, menamai,
melabeli, menggambarkan.
|
|
|
Comprehension
(Pemahaman)
|
Menerjemahkan, mengubah,
menggeneralisasi, menguraikan (dengan kata-kata sendiri), menulis ulang (dengan
kalimat sendiri), meringkas, membedakan (diantara dua), mempertahankan,
menyimpulkan, berpendapat, dan menjelaskan.
|
|
|
Application
(Penerapan ide)
|
Mengoperasikan, menghasilkan,
mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung.
|
|
|
Analysis
(Kemampuan menguraikan)
|
Menguraikan satuan menjadi unit-unit
yang terpisah, membagi satuan menjadi sub-sub atau bagian-bagian, membedakan
antara dua yang sama, memilih, dan mengenal perbedaan (diantara beberapa yang
dalam satu kesatuan)
|
|
|
Synthesis
(Unifikasi)
|
Merancang, merumuskan,
mengorganisasikan, mengomplikasikan, mengomposisikan, membuat hipotesis, dan
merencanakan.
|
|
|
Evaluation
(Menilai)
|
Mengkritisi, menginterpretasi,
menjastifikasi, dan memberikan penilaian.
|
2
|
Afektif
|
Receiving
(Penerimaan)
|
Mempercayai (sesuatu atau seseorang
untuk diikuti), memilih (seseorang atau sesuatu untuk diikuti), mengikuti,
bertanya (untuk diikuti), dan mengalokasikan.
|
|
|
Responding
(Tanggapan)
|
Mengonfirmasi, memberi jawaban,
membaca (pesan-pesan), membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.
|
|
|
Valuing
(Penanaman nilai)
|
Menginisiasi,
mengundang (orang untuk terlibat), terlibat, mengusulkan, dan melakukan.
|
|
|
Organization
(Pengorganisasian nilai-nilai)
|
Memverifikasi nilai-nilai, menetapkan
beberapa pilihan nilai, mengsintesiskan (antar nilai), mengintegrasikan
(antar nilai), menghubungkan (antar nilai), mempengaruhi kehidupan dengan nilai-nilai.
|
|
|
Characterization
(Karakterisasi kehidupan)
|
Menggunakan nilai-nilai sebagai
pandangan hidup (worldview) ,
mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini.
|
3
|
Psikomotorik
|
Observing
(Memperhatikan)
|
Mengamati proses, memberi perhatian
pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi.
|
|
|
Imitation
(Peniruan)
|
Melatih, mengubah sebuah bentuk,
membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan
sebuah konstruk atau model.
|
|
|
Practicing
(Pembiasaan)
|
Membiasakan sebuah model atau perilaku
yang sudah dibentunya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.
|
|
|
Adapting
(Penyesuaian)
|
Menyesuaikan model, membenarkan sebuah
model untuk dikembangkan, dan menyekutukan model pada kenyataan.
|
Sumber:
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar