Jumat, 27 Juni 2014

Kata Kerja Operasional

NO
RANAH
LEVEL KECAKAPAN
INDIKATOR KECAKAPAN
1
Kognitif
Knowledge (Mengetahui dan mengingat)
Menyebutkan, menuliskan, menyatakan, mengurutkan, mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan, menamai, melabeli, menggambarkan.


Comprehension (Pemahaman)
Menerjemahkan, mengubah, menggeneralisasi, menguraikan (dengan kata-kata sendiri), menulis ulang (dengan kalimat sendiri), meringkas, membedakan (diantara dua), mempertahankan, menyimpulkan, berpendapat, dan menjelaskan.


Application (Penerapan ide)
Mengoperasikan, menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung.


Analysis (Kemampuan menguraikan)
Menguraikan satuan menjadi unit-unit yang terpisah, membagi satuan menjadi sub-sub atau bagian-bagian, membedakan antara dua yang sama, memilih, dan mengenal perbedaan (diantara beberapa yang dalam satu kesatuan)


Synthesis (Unifikasi)
Merancang, merumuskan, mengorganisasikan, mengomplikasikan, mengomposisikan, membuat hipotesis, dan merencanakan.


Evaluation (Menilai)
Mengkritisi, menginterpretasi, menjastifikasi, dan memberikan penilaian.
2
Afektif
Receiving (Penerimaan)
Mempercayai (sesuatu atau seseorang untuk diikuti), memilih (seseorang atau sesuatu untuk diikuti), mengikuti, bertanya (untuk diikuti), dan mengalokasikan.


Responding (Tanggapan)
Mengonfirmasi, memberi jawaban, membaca (pesan-pesan), membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.


Valuing (Penanaman nilai)
Menginisiasi, mengundang (orang untuk terlibat), terlibat, mengusulkan, dan melakukan.


Organization (Pengorganisasian nilai-nilai)
Memverifikasi nilai-nilai, menetapkan beberapa pilihan nilai, mengsintesiskan (antar nilai), mengintegrasikan (antar nilai), menghubungkan (antar nilai), mempengaruhi kehidupan dengan nilai-nilai.


Characterization (Karakterisasi kehidupan)
Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup (worldview) , mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini.
3
Psikomotorik
Observing (Memperhatikan)
Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi.


Imitation (Peniruan)
Melatih, mengubah sebuah bentuk, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah konstruk atau model.


Practicing (Pembiasaan)
Membiasakan sebuah model atau perilaku yang sudah dibentunya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.


Adapting (Penyesuaian)
Menyesuaikan model, membenarkan sebuah model untuk dikembangkan, dan menyekutukan model pada kenyataan.


Sumber: 
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar